Senin, 02 Agustus 2010

[SKRIPSI] Seputar Judul!!!

Setelah berkutat dengan bangku kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya dengan segala tetek bengeknya selama 3,5 tahun, akhirnya tibalah saatnya saya harus menyelesaikan kuliah dengan mengerjakan tugas akhir atau skripsi.


Awal memasuki semester tujuh, kami sudah diperintahkan untuk segera mengajukan judul yang akan kami angkat dalam tugas akhir. Dari sekian banyak judul yang saya ajukan, akhirnya yang diterima oleh kepala jurusan tarbiyah STAIL adalah PENERAPAN SISTEMATIKA NUZULNYA WAHYU DALAM KURIKULUM MADRASAH ALIYAH RADHIYATAN MARDHIYYAH PUTRA BALIKPAPAN. Namun setelah saya melobi ke kepala sekolah MARAMA Putra, saat itu dipegang oleh Ust. Muslihuddin, S.Sos.I, tidak ada respon sama sekali. Dan hasil diskusi saya dengan beberapa orang praktisi pendidikan Hidayatullah yang berada di Surabaya, menyimpulkan bahwa belum ada penerapan SNW dalam pendidikan Hidayatullah dimanapun, meskipun di Balikpapan sebagai pusat Pondok Pesantren Hidayatullah.

Akhirnya saya mengajukan kembali dengan judul STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN MUSLIMAH INDONESIA DALAM MEMASARKAN SMP AL-IZZAH, BATU, JAWA TIMUR. Alhamdulillah judul ini diterima dengan dosen pembimbing Ust. Drs. Amun Rowie, M.Pd, yang ternyata merupakan salah seorang pendiri LPMI Al-Izzah dan saat ini menjabat sebagai sekertaris LPMI Al-Izzah.

Sampai disini, proses pengerjaan proposal skripsi sedikit tertunda, coz kebijakan dari STAIL sama sekali nggak ada kejelasan, sehingga membuat kami rada-rada malas gimana gitu, ntar aja klo udah dikejar-kejar ma deadline baru ngerjain.

Setelah sekian lama menunggu dan menannti, akhirnya pada bulan maret ujian proposal dilaksanakan. Saat itu saya hanya sekali bimbingan proposal, revisi sedikit langsung di ACC. Namun dalam proses menyelesaikan proposal ini saya sedikit mendapat hambatan, saat itu saya terdaftar sebagai karyawan di toko buku R-BOOKMART dan juga sedang mengadakan Praktek Kerja Lapangan di SD Integral Luqman Al-Hakim.

Hasil ujian proposal, dengan penguji Ust. Ahmad Sugeng, M.Pd, judul skripsi saya diganti menjadi STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus Di SMP Putri Al-Izzah, Batu, Jawa Timur).

Proses penyelesaiaan skripsi sempat vacum selama 2 bulan, antara april-mei. Selain karena masalah pribadi yang saya hadapi saat itu, ternyata referensi untuk manajemen pemasaran sekolah/lembaga pendidikan masih sangat sedikit.

Barulah pada tanggal 9 juni saya mengajukan BAB II, itupun hasil dari mengedit dan menyempurnakan skripsi IKHWAN JIHADUDDIN alumni STAIL angkatan 2003. yang juga mengangkat manajemen pemasaran lembaga pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar