Rabu, 04 Agustus 2010

PUASA DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

Marhaban yaa Ramadhan....
Puasa merupakan salah satu rukun islam yang dilaksanakan kaum muslimin diseluruh dunia. Allah SWT, telah mewajibkannya kepada kaum yang beriman, sebagaimana telah diwajibkan kepada kaum sebelum Nabi Muhammad SAW. Namun dalam islam puasa memiliki aturan yang berbeda dari puasa kaum sebelumnya, baik dalam tata cara maupun waktu pelaksanaan. Sedangkan secara terminologi, puasa adalah menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan disertai niat berpuasa. Sebagian ulama mendefinisikan, puasa adalah menahan nafsu dua anggota badan, perut dan alat kelamin seharian penuh, sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dengan niat tertentu.

Pengaruh mekanisme puasa terhadap kesehatan jasmani meliputi berbagai aspek kesehatan, diantaranya yaitu;


  1. Memberikan kesempatan kepada alat pencernaan. Pada hari-hari ketika sedang tidak berpuasa, alat pencernaan didalam tubuh bekerja keras, oleh karena itu sudah sepantasnya jika diberi waktu untuk beristirahat.
  2. Membersihkan tubuh dari kotoran dan racun (detoksifikasi). Puasa membatasi kalori yang masuk kedalam tubuh sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarknnya dari dalam tubuh.
  3. Menambah jumlah sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk menangkal serangan penyakit sehingga dengan penambahan sel darah putih secara otomatis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
  5. Memperbaiki fungsi hormon dan meremajakan sel-sel tubuh.
  6. Bagi penderita yang mumpanyai tinggi kolesterol, trigliserida. Saat berpuasa tubuh akan menggunakan lemak yang tersimpan berlebihan dalam tubuh, yang akhirnya kadar lemak dalam tubuh menjadi normal.
  7. Bagi penderita penyakit gula, puasa akan membuat gula darah cenderung turun, akibat dari proses metabolisme tubuh saat berpuasa.
  8. Bagi penderita gangguan pencernaan, berpuasa dapat menyehatkan sistem pencernaan. Diwaktu berpuasa, lambung dan sistem pencernaan akan beristirahat selama lebih kurang 12 – 14 jam, selama 1 bulan.
  9. Bagi penderita obesitas atau kegemukan, puasa dapat mengurangi berat badan berlebih, karena puasa dapat menghilangkan lemak dan mengeluarkan kalori berlebih.
  10.  Puasa dapat meningkatkan kesabaran. Karena adanya perbaikan fungsi hormon yang mempengaruhi tubuh untuk menjadi stabil, tenang dan nyaman.
  11. Puasa dapat meremajakan sel-sel tubuh. Pada saat berpuasa organ tubuh berada dalam posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbaharui sel-selnya, sebagaimana disaat kita istirahat/tidur.
  12. Puasa memberi rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan dan organ tubuh sehingga akan menghasilkan, memulihkan dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya.
  13. Puasa dapat meningkatkan fungsi organ tubuh.

* Sumber: bmhnews, Juli 2010 M / Rajab 1431 H, hal. 17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar